aside Behind the Story in ULI Internship

“No matter who you are, or where in the world you are, the chances are that our products are a familiar part of your daily routine. Every day, around the world, people reach for Unilever products.”

tagline yang membuat saya berdecak kagum sampai sekarang.. hingga saya bisa merasakan pengalaman “bekerja” di perusahaan FMCG Indonesia yaitu PT Unilever Indonesia Tbk

awal mula keinginan saya untuk berada di perusahaan ini adalah karena semenjak kecil keluarga saya termasuk konsumen yang sangat loyal menggunakan produk ULI. sebut saja beberapa brandnya yang sudah cukup lama namun masih tetap sukses sampai sekarang yaitu Teh Sariwangi dan Blueband..

Sewaktu saya SMP, saya memang mempunyai ketertarikan atau mungkin sekarang bahasa gaulnya zaman sekarang tuh “passion” untuk belajar mengenai foods. bukan makanan siap saji namun saya sangat interest mengenai how to make a food product..

apalagi  waktu saya kecil, masih labil labil gimana gitu kan. anak-anak kalau beli makanan di supermarket ga pake mikir, segala macam produk diambil..  dan keluarga kami kalau membeli mentega ataupun teh ya pasti kedua brand produk itu.

sampai pada suatu saat saya iseng lagi lihat-lihat keterangan label produk. namun mata saya hanya tertarik pada satu simbol di bawah ini:

simbol “U” yang unik ini ternyata ada di label produk yang saya lihat lihat tadi..

ternyata ini adalah simbol company tersebut “Unilever” terdiri dari gabungan beberapa simbol yang membentuk huruf U yang sebenarnya itu menunjukkan “U” can make difference🙂

saya mulai mencoba mencari tahu lebih lanjut mengenai company ini setelah saya berkuliah, dan ternyata perusahaan ini di luar ekspektasi saya. benar-benar sebuah perusahaan global dunia yang bergerak di bidang Consumer Goods dengan produk produk yang dihasilkannya sudah pasti familiar di seluruh dunia.

saya percaya kalau jodoh itu ga akan kemana🙂 awal mula saya bisa mengenal lebih dalam lagi ke Unilever karena pada waktu berkuliah, saya dan teman sejurusan saya satu angkatan mendapat kesempatan untuk kunjungan industri ke pabrik teh Sariwangi, Royco dan Blueband di PT Unilever Indonesia Tbk

benar-benar serasa mimpi jadi kenyataan.. rasa penasaran dan mimpi saya sewaktu saya kecil bisa terwujud dengan bisa berkunjung ke tempat pembuatannya.. Oh,GOD.. i wish i could rewind that moment..

Setelah berkunjung dan overview secara keseluruhan, muncul di benak pikiran saya.. “apa ya rasanya bisa kerja disini?”🙂
dan saya merasa bersyukur berada di dalam organisasi HIMITEPA, karena salah satu moment yang saya ingat adalah dalam suatu acara gathering alumni. Saya bisa berkenalan dengan alumni sekaligus orang penting di PT Unilever Indonesia Tbk. Dan ternyata beliau adalah GMM (General Manager Manufacturing Foods) di Company tersebut.

saya banyak bertukar pikiran dengan beliau, sampai sampai beliau merekomendasikan saya  “Cindy, kamu mau coba intern ga di ULI?”
padahal waktu itu saya masih semester 6, namun karena satu dan lain hal serta waktu libur yang sangat sangat kurang, akhirnya saya batal untuk intern disana sewaktu saya semester 6.

Akhirnya saya bertekad untuk intern disana sekalian menjadi project tugas akhir saya, dimana di jurusan ITP IPB untuk skripsi boleh mengambil penelitian ataupun magang penelitian. Beruntungnya saya, saya mempunyai dosen pembimbing yang sangat kooperatif sekali, karena beliau termasuk dosen yang sangat merekomendasikan saya untuk mengambil project magang sebagai tugas akhir. Di samping ilmu akademik saya dapat, saya juga bisa mengembangkan softskill saya untuk bekerja di company sebesar PT Unilever Indonesia Tbk.

Saya nekat mencoba apply ULIP atau lebih dikenal dengan Unilever Leadership Internship Programprogram ini terdiri dari beberapa seleksi baik dari aptitude test hingga interview (udah kaya seleksi kerja sih.. ckckck)

waktu itu saya single fighter😦  karena teman-teman saya entah mengapa pada minder untuk mencoba intern disana. di satu sisi apa saya yg terlalu nekat atau merekanya aja yang engga pede? (well, i don’t know.. hehehe)

another micracle happened..🙂

thank GOD i’m here.. thank GOD for the opportunity.. 
my dream’s come true🙂

3 comments

  1. sangat menginspirasi kak. daridulu saya ingin bekerja di Unilever. Sharing lebih banyak lagi dong kak gimana budaya kerja disana, pengalaman menarik dll. Oya salam kenal saya Cana dari Universitas Brawijaya🙂

Leave a Reply

