2012, Awesome year! :) (PART 1)

Hari ini, tepat hampir setahun sudah kita berada di tahun 2012. Banyak cerita bahagia, sedih, harapan, keputus asaan, dan kenangan lainnya yang tak terlupakan.

mtf_jsTbh_2Menapak tilas perjalanan dan perjuangan saya di
tahun 2012. Jadi ingat, resolusi saya setahun yang lalu. Hampir semuanya terlaksanakan dan banyak yang di luar ekspektasi saya. Dari karir, pertemanan dan juga cinta. Alhamdulillah, terima kasih ya ALLAH SWT.

Tahun 2012 ini bagi saya adalah tahun perjuangan, mengapa?

Karena pada tahun ini, saya menempuh tahap akhir untuk menjadi sarjana yaitu Skripsi. Saya bukan tipikal yang muluk- muluk harus mencuri start dari semenjak semester 7 skripsi. Saya tipe mahasiswi yang enjoy enjoy kuliah aja ko. Hahaha. Asalkan sesuai target. FYI faktanya: banyak dari teman-teman seangkatan maupun kakak kelas yang udah skripsian dari semester 7, tetap aja lulusnya lama karena penelitian mereka yang ternyata ga kelar- kelar. Weew..

JANUARI 2012

Saya nekat untuk mencoba magang penelitian, dan ga tanggung tanggung target perusahaan yang saya pilih adalah FMCG PT Unilever Indonesia Tbk – Foods Division. Sekilas dari cerita blog saya sebelumnya. Saya mencoba mengikuti ULIP. Dari beberapa tahap seleksi, Alhamdulillah saya lulus dan saya bisa magang di factorynya. Kegalauan awal tahun berakhir.

 

Suatu kebanggaan pada saat saya ke  pabriknya di cikarang, saya bertemu GMM Foods Division Bpk Yogi Sapta Prakoso dan juga saya bertemu lagi dengan beliau Bpk Maulana Jumantara yg sekarang menjadi GMM HPC (Home & Personal Care) Unilever. 4 bulan saya disana, bertemu dengan orang-orang hebat, industri yang sangat established, teratur, mempunyai sistem perusahaan yang sangat baik. Someday, kalo memang jodoh kerjanya.. saya ingin sekali menjad bagian dari keluarga Unilever, amiin.

 

 

FEBRUARI- MEI 2012

Di bulan Februari, diselenggarakan NATCON IAAS INDONESIA. Setahun sudah saya menjabat menjadi NOO IAAS INDONESIA. Terima kasih untuk segala ilmu, pengalaman, teman baru, keluarga baru, percintaan dan inspirasi dari IAAS baik IAAS INDONESIA maupun IAAS IPB. Saya tidak pernah sekalipun menyesal berada di organisasi ini. Pertama kali saya masuk di IPB, saya sudah terkagum kagum dengan organisasi ini semenjak MPKMB di tahun 2008.                               Tidak terasa sudah 4 tahun lamanya :’)

Terima kasih Unilever, saya banyak belajar mengenai food quality dan penerapan nyatanya di dalam industri, belajar memimpin dan dipimpin orang lain, belajar meningkatkan kapabilitas diri untuk bisa bekerja individu dan di dalam team, belajar keluar dari comfort zone (karena mostly rekan-rekan kerja disana adalah pria, jadi saya harus tahan mental untuk bisa bekerja secara professional dengan mereka), dalam pertemanan dan percintaan saya bisa jauh mengenal teman-teman baru disana. Banyak cerita selama 4 bulan.. dan ntah mengapa setiap main kesana.. saya betah seharian even Cuma keliling keliling dan makan bareng sama teman-teman LION team.

JUNI 2012

Setelah saya menyelesaikan magang saya di ULI pada akhir mei. Saya segera menyelesaikan hardcopy skripsi saya untuk segera sidang. Kurang lebih 1,5 bulan saya bolak balik kampus dan ke ULI untuk menyelesaikan revisi data dan skripsi saya. Memang cukup lama, karena project yang saya kerjakan selama PKL cukup banyak. Namun yang saya jadikan di skripsi adalah mengenai sistem HACCP dan juga penerapan SPC untuk bumbu penyedap rasa. Semuanya tentang mutu . 4 bulan bisa belajar tapi dibayar

Selama saya revisi skripsi, saya mencoba mendaftar ke beberapa perusahaan. Yang pertama tentunya adalah Unilever. Dari beberapa tahap proses seleksi, mungkin jodoh kerja saya belum sekarang dengan Unilever mungkin karena saya masih status belum lulus, belum sidang pula. Dan mungkin teman-teman baru saya yang lebih berpengalaman bertahun tahun di bidangnya punya kesempatan yang lebih besar saat itu untuk meduduki posisi yang ditawarkan. Hope for the best of me and let GOD do the rest.

Perusahaan kedua yang saya apply adalah DANONE, karena kebetulan ada senior jurusan yang menawarkan lowker untuk menjadi Nutritionist di DANONE. Tahap seleksinya cukup fun, tidak seserius interview kerja biasa. Dan disana saya banyak mendapat teman baru. Salah satunya adalah Ketua Himpunan Jurusan Gizi UI si mutia. Dunia itu sempit banget yah. Ternyata Mutia ini adalah sahabat baik dari teman NLA saya yaitu Seala. Namun, karena satu dan lain hal saya mempertimbangkan untuk tidak mengambil posisi itu. Saya masih fokus untuk mencari pekerjaan yang normally week days.

6 bulan awal yang penuh cerita🙂

6 bulan selanjutnya sepertinya akan lebih banyak cerita.. hehehe

Leave a Reply

