Sehari Mengajar, Selamanya Menginspirasi.. (Part 1)

“Apa rasanya ketika para kalangan profesional bersatu mengumpulkan niat dan tergerak untuk menjadi relawan pengajar anak kelas SD?” ternyata suatu hal yang tidak mungkin menjadi mungkin dalam kegiatan kelas inspirasi🙂

Teringat semasa kecil, saya tidak mempunyai cita-cita yang pasti. Yang saya tahu, saya ingin menjadi dokter. Karena dari dulu orang tua saya menginginkan anaknya menjadi dokter. di mindset orang tua saya, dokter itu sudah kerjanya santai, uangnya banyak pula. Ternyata jalan hidup saya berkata lain, Ketika SMA, saya mempunyai kesenangan tersendiri terhadap hal hal di bidang kimia dan biologi, dan aktivitas paper saya banyak mengulas seputar pangan. Itulah awal ketertarikan saya terhadap dunia teknologi pangan. Saya bertekad untuk melanjutkan kuliah di IPB mengambil S1 Ilmu dan Teknologi Pangan. Alhasil, kini saya menjadi seorang food technologist di bidang research and development (RnD) spesialisasi untuk produk beverage dan dairy.

Kalau bukan di Perusahaan Nutrifood, mungkin saya hanya pegawai swasta di perusahaan ‘unknown’ yang ga update kalau Indonesia Mengajar punya Kelas Inspirasi yang memfasilitasi kalangan profesional a.k.a orang-orang kantoran kaya kita gini yang masih punya niat untuk memajukan pendidikan indonesia.. sesuatu banget deh Nutrifood.. hehehe.

Kegiatan Kelas Inspirasi bukan suatu kegiatan yang baru saya tahu di beberapa bulan ini, karena kebetulan salah satu kakak kelas sekaligus sahabat sudah pernah ikut sebelumnya, dan saya diajak untuk mencoba ikut kegiatan kelas inspirasi berikutnya (Thank you so much Kak Galih  *hug* ). Wah, ga nyangkanya.. ternyata salah satu panitia dari KI berkunjung dan ingin merekrut relawan dari karyawan Nutrifood untuk turun tangan mengajar anak SD🙂

Di kantin kantor kita, brosur brosur dibagikan.. satu per satu karyawan mulai penasaran dan bertanya-tanya : “ini kegiatan apa sih? Kelas inspirasi apa tuh?” . Pada saat saya ambil brosurnya.. saya terdiam sejenak tertuju pada kalimat persyaratan : “pengalaman kerja min,2 tahun” hiks.. padahal saya masih karyawan baru di nutrifood, setahun kerja aja belum ada😦
salah satu teman saya, Rani, dia adalah teman kantor saya di bagian HR, yang antusias untuk membantu publikasi kegiatan KI ini di kantor kami. Memang kalau niat baik, ada aja jalannya..🙂 Salah satu panitia KI membolehkan kami di Nutrifood untuk mendaftar KI diperpanjang sampai tanggal 20 Agustus 2013, padahal di brosur dan internet pendaftaran sudah ditutup pada tanggal 18 Agustus 2013.

tanpa pikir panjang, di jam kerja saya isi form onlinenya. dan mengisi pengalaman kerja seadanya.. kalau ternyata diterima Alhamdulillah.. kalaupun tidak diterima, at least saya sudah niat baik dan berusaha untuk berkontribusi🙂
Deg-degan banget nunggu pengumuman kelulusan, dan tepat di tanggal 25 Agustus 2013 :

Image

Alhamdulillah..  ternyata nama saya ada di list relawan yang terpilih untuk mengajar di Kelas Inspirasi Bogor.. benar-benar terharu pada saat itu.. karena awalnya sudah ga yakin, kalau lihat pengalaman kerja dan kuota relawan pendaftar yang sudah pasti banyak banget..  terima kasih ya KI Bogor :’)

Tepat pada tanggal 31 Agustus, serempak di 3 kota (Bekasi, Bogor , Tangerang) Seluruh relawan kelas inspirasi berdasarkan daerah pilihannya masing-masing berkumpul melakukan briefing perdana sekaligus bertemu dengan para teman kelompoknya.  Pada hari itu, saya semangat sekali pergi pagi-pagi janjian dengan Kak Vennes dan Rani untuk bareng-bareng berangkat ke PGN Bogor. Ternyata masih sepiii banget, padahal harusnya jam 8.30 udah mulai acara. (well, this is indonesia.. *ups)

Briefing perdana KI ini selain bertemu dengan para relawan dan komunitas baru, kita diajarkan bagaimana teknik manajemen kelas. Ga kebayang deh gimana rasa ngajar anak SD seharian, kecuali kalau saya memang profesinya sebagai guru.  Kami termasuk ratusan orang yang menyambut tantangan “mengajar sehari” di SD negeri, untuk menginspirasi mereka tentang profesi yang kita geluti. Tadinya saya merasa nggak pede, saya kan belum sukses-sukses amat, Kerja aja belum ada setahun. Tapi kalimat itu bagaikan lampu menyala di atas kepala saya. Justru itu cindy! Anak-anak ini perlu diberi wawasan, “yang muda yang berkarya!”

Inti dari pengajaran KI adalah kita memperkenalkan dan bercerita mengenai profesi kita dan mengajarkan kepada anak-anak bahwa mereka bisa mempunyai mimpi dan cita-cita lebih dari apa yang mereka bayangkan.. Kita menjadi sumber inspirasi positif mereka, kalau suatu saat nanti anak-anak ini bisa menjadi seperti kalangan profesional seperti kita atau bisa menjadi lebih baik dari kita sebagai pengajarnya..

Suatu misi besar dengan niat tulus akan kita lakukan satu hari serentak di tanggal 11 September 2013, yang akan menjadi inspirasi anak anak itu seumur hidup.

Saya tergabung di kelompok 16, yang mana semua inspirator mengajar di SDN Empang 01 Bogor. Di kelompok tersebut, saya bertemu dengan Mas Teguh Satriono & Mba Ikacha Ibrahim yang berprofesi sebagai Trainer. Mba Agustina yang berprofesi sebagai dosen dan penelitia di IPB.  Mba litia yang berprofesi sebagai analis, Mba Atik yang berprofesi sebagai Anggota Komisi Pemilihan Umum untuk DPRD serta Mas Edi yang berprofesi sebagai Bankir di Bank BNI serta Mas Wisenoe yang berprofesi sebagai Photografer dan Designer.  Mungkin udah bawaannya pengen ngurus ini itu, nyiapin ini itu.. walhasil rekan-rekan kelompok kami, menunjuk saya sebagai koordinator kelompok. jeng jeng.. menjadi seksi repotnya kelompok.. harus atur jarkom, buat jadwal survey SD, menyiapkan rundown, dsb.

Berikut ini dokumentasi briefing KI 25 Agustus 2013 :

Image

Saya tidak sabar membayangkan binar mata mereka di dalam kelas, senyum polos mereka semuanya  Buat saya ini baru lah awal perjalanan, saya percaya merubah manusia harus melalui pendidikan..🙂

Nantikan cerita Part 2 nya yaa..

2 comments

Leave a Reply

