1502 (Part 7)

Next to do list: menyiapkan souvenir & undangan.

fyuuuh,ini salah satu yang paling galau & cukup melelahkan. Karena jika kamu salah timing pemesanan, bisa jadi undangan dan souvenir kamu ga akan jadi on time.
Berhubung sudah memasuki bulan november & pernikahanku diadakan di pertengahan februari. Hal pertama yang perlu diprioritaskan adalah undangan, karena setelah undangan beres, masih ada tahap menulis nama2 yang diundang siapa, mencetak label undangan dan mengirimkan undangan ke saudara, keluarga, teman & sahabat terkait. Idealnya si sebulan sebelum hari-H sudah dicicil kirim undangan terutama ke keluarga besar yang ada di luar kota.

Berarti dari bulan November, kita masih ada waktu spare 2 bulan untuk pemesanan undangan sekaligus souvenir. Setelah mengulik ke berbagai tempat & juga online shop. FYI kalau mau cari undangan yang kece-kece dengan harga reasonable. Kamu bisa dapatkan itu di Pasar tebet. Di pasar tebet lantai basement ini ternyata tempat berkumpulnya semua vendor undangan. Dari yang excited hingga bingung milih modelnya yang mana karena banyak sekali undangan yang lucu & kreatif.

Well, balik lagi. Undangan ini sebenernya akan merepsentasikan adatmu, warna baju pengantin yang akan dipakai dan style dari keluargamu. Ada juga yang maunya serba mewah & elegan, ada juga yang maunya kreatif nuansa anak muda, ada juga yang maunya simpel. Setiap customer pasti punya preferensi yang berbeda. So, baiknya ini sudah didiskusikan matang dengan keluargamu karena pemesanan & lama pembuatan undangan yang tidak sebentar. Kan sayang kalau desainnya hanya disukai kalian tapi ortu & mertua kamu ga sreg.. hayooo..🙂

pasar tebet
Pasar Tebet

Setelah berkeliling, akhirnya dapat juga model undangan yang cukup sreg buat keluargaku dan kami berdua, Undangan kami berbentuk frame, Jadi konsepnya Frame didalamnya terdapat undangan kemudian di halaman sebaliknya dicetak kalender tahun 2015. Memang terkesan jadinya multifungsi, Yak itu sesuai dengan kemauan kami. Karena sebenarnya undangan kan untuk informasi sekali baca, terus sayang kan kalau propertinya tidak bisa digunakan setelahnya.
Penasaran dengan contoh undangan frame? berikut ini contohnya🙂

undangan 2

Setelah kurang lebih pemrosesan 1.5 Bulan & finishing. Pas banget awal tahun baru kita ambil pesanan undangan kita. Dan inilah hasil jadinya🙂 Alhamdulillah dari ukuran font, Desain flocking, Dan terutama detail nama yg tertulis di undangan tidak ada yg salah. FYI ini harus kita sortir dulu guys, Nanti yang reject bisa diklaim, Namun biasanya vendor undangan akan cetak spare lebih menyesuaikan buffer kebutuhan undangan kita.

Undangan Cindy
ini dia undangannya ^^

Berhubung tamu undanganku ada 1000 undangan, Jadi yang kita buat juga 1000 undangan. eeeh, ternyata di pertengahan pemrosesan, jumlah daftar undangan yg hadir melonjak 100 undangan. Salahnya kita ga menyiapkan buffer dan mau ga mau harus serba irit kirim undangan dan kita akalin dengan undangan virtual ntah via fb, bbm, dan social media lainnya.

Sembari menunggu pemrosesan undangan, kita juga mulai searching-searching souvenir. Dari awal sudah kebayang kalau undangannya maunya mug, Karena mug ini multifungsi dan akan kepakai terus. Kalau berdasarkan filosofi, Mug gelas itu filosofinya “saling mengisi satu sama lain” cieelah.. setelah crosscheck sana sini, banyak yang bilang kalau mau cari souvenir pernikahan di Pasar jatinegara aja karena disana pusatnya, bervariatif dan tentunya harga negotiable.

souvenir
Pasar Jatinegara

Setelah berputar-putar hampir ke seluruh toko, Ada satu toko yang terlihat cukup oke, Namanya : Alfiandra Souvenir. Dia Pasar ini even tokonya punya 4 cabang. wew.. Gede aja.
kita ngobrol-ngobrol sama Ibu yg juga ternyata ownernya. Ternyata pemrosesan mugnya cepat & sebenarnya box luarannya tinggal dicetak nama pasangan & tanggalnya aja.

Kepikiran buat mug dengan quotes yg menggambarkan kita berdua, Jadinya Aku sama galih decide dulu tulisan di mugnya apa dan kita balik lagi kesana. Namun ibunya bilang, untuk tulisan mah sambil menyusul juga gapapa, yang penting kita sudah DP dengan desain & box luaran yang kita inginkan. Waktu itu harga yang kita dapat Rp 7000 untuk mug square dengan box garis2 warna pink. Perkiraan box luarnya begini (garis warna pinknya):

box

Kita berdua sempet galau dengan berbagai love quotes, ahahaha searching mbah google, milih ini ga jadi, milih itu ga jadi.. setelah seminggu berkutat dengan quotes, akhirnya kita menemukan yang cocok ^^

love story

Font tulisannya pun sama persis kami copy, kemudian dibawahnya kami tambahkan tanggal pernikahan kami yaitu 15022015, Berhubung mug square ini ada 4 sisi, menurut tukang desainnya baiknya ada tambahan desain di sisi sebrangnya jadi balance. Yowes, kita tambahkan bentuk love C G disambung saja agar tidak terlalu rame mugnya.

Kita memutuskan untuk tidak memfollow up souvenir ke pasar jatinegara atas rekomendasi dari si tukang desainnya. Menurutnya, baiknya langsung datang ke gudangnya aja dan bisa lihat proses pembuatan & test desain huruf ke mugnya. Lokasi tempat souvenir ini beralamat di:

Alfiandra Souvenir
Jl. Cipinang Pulo RT 15/11 No 11 (Belakang LP Cipinang)
Cipinang Besar Utama
Telp 021 98880301

Beberapa kali kita sempat crosscheck kesana, mulai dari approval desain, lihat proses produksi sampai milih tukang sablonnya yang paling telaten & sabar, kemudian lihat hasil cetak boxnya dan final check setelah 1000 souvenir ini jadi. Untungnya, jika ada yang reject bisa dikembalikan atau diredesign ulang.
Inget banget bawa pulang dus dus souvenir ini muatannya hampir semobil avanza :p ahahaha dan sesampainya di rumah aku, galih dibantu mama, mbak, pipit, gilar mensortir box & desain mug yang ada, ada kali dari siang hingga menjelang maghrib kelar.

Dari 1000 souvenir, kurang lebih 170an reject. Dan rencananya kita akan bawa balik lagi ke Alfiandra untuk diredesign ulang. Proses redesign ini cukup cepat untungnya (sembari dipush & dibawelin kita juga). Fyuuuh tepat di akhir Desember proses finishing souvenir ini selesai dan kita letakkan cantik di rumahku hingga hari-H nanti🙂

Tepat di awal januari, undanganpun menyusul jadi. Data list undangan sudah aku, galih, papa,mama, abi & umi cicil semenjak undangan sedang diproses. Karena keluarga kami berdua sama-sama khawatir jika ada yang terlewat jika baru dilist mepet mepet. Setelah melist daftar undangan, yang paling pr adalah cetak nama list undangan di labelnya. Adik adik kami super luar biasa sigap membantu, maaci yaa pipit & inka yang udah bantuin.. Kita berdua udah ga paham lagi deh kalau harus ketik sendiri, secara rutinitas kerja & hampir tiap weekend kita mesti datengan vendor untuk final meeting.

Keseluruhan persiapan ini berkesan banget :’) dari yang bingung, jadi tau banget tips & triknya. Capeknya terbayar setelah melihat hasil jadinya🙂

2 comments

  1. Halo sist mau nanya dong untuk undangan bentuk frame kena berapa ya per pcs nya ? Thanks bgt ni buat blog nya bener2 ngebantu bgt untuk org2 yang lg mau prepare2 untuk wedding day.

    • hai maria, range harganya bervariasi starting 7000-15000 tergantung besar kecilnya frame sama kalau kamu mau desain flocking apa engga. kalau undanganku ini kena 12rb per pcs.🙂 yup semoga membantu ya ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s